HOW TO DO SEFT

Menepati janji kepada beberapa teman, berikut ini aku tuliskan bagaimana melakukan SEFT.

Ada 3 tahap inti dalam melakukan SEFT, yaitu :

1. SET UP

SET UP adalah melafalkan kalimat niat, yang intinya melakukan tapping ini dengan perasaan ikhlas dan pasrah kepada Allah. Karena yang menyembuhkan hanyalah Allah semata, bukan kita, bukan orang yang mengajarkan tapping ini, atau mungkin orang lain yang melakukan tapping. Perasaan ikhlas inilah yang akan memberikan rasa lapang, instead of melakukan penolakan terhadap rasa sakit itu. Jadi yang harus dilakukan pertama kali adalah, menerima perasaan sakit itu. Jangan dilawan. Karena musuh dari perasaan sakit adalah pemaksaan diri melakukan positively feeling bahwa anda tidak sakit. Terimalah bahwa anda memang sakit…

Contoh dari kalimat SET UP ini adalah:
“Ya Allah, meskipun saya sedang migren, tapi saya ikhlas dan pasrah kepada-Mu Ya Allah…”
“Ya Allah, meskipun kaki saya sedang kram, tapi saya ikhlas dan pasrah kepadamu Ya Allah…”
“Ya Allah, meskipun saya sedang marah kepada anak saya karena nakal, padahal saya ingin sekali tidak marah, tapi saya ikhlas dan pasrah kepada-Mu Ya Allah..”


2. TUNE IN

Kedua, lakukan pemijatan pelan berulang di titik Sore Spot, yaitu titik di bagian dada, atas payudara dekat ketiak, dimana bila dipijit dia akan paling sakit. Tekanlah titik ini berputar-putar, tekanannya terserah anda, yang jelas anda akan merasakan sakit di situ, sambil melafalkan kalimat SET UP berulang-ulang. Tiga kali lah minimal. Cobalah sambil merasakan sakitnya. Cobalah sambil merasakan ikhlas hatimu. Breath and exhale. Tarik nafas dan lepaskan. Selipkan dalam hatimu : Alhamdulillah…
Bila masih bingung, bagaimana sih merasakan ikhlasnya, tidak mengapa. Lakukan saja. Yang jelas anda harus niat, dan benar-benar mau melakukan tapping ini, dan benar-benar ingin ikhlas menerima sakit ini.
Selain di Sore Spot, bisa juga diketuk Karate Chop sambil melafalkan Set Up Sentence. Penjelasan Karate Chop bisa dilihat di bawah.


3. TAPPING

Melakukan tapping, adalah dengan dua jari, diketuk-ketukkan setelah selesai melakukan TUNE IN. Pada waktu melakukan tapping ini ucapkan terus kalimat SET UP minimal satu kali pada setiap titik. Pada titik yang terasa bila diketuk lebih sakit dari yang lainnya, lakukan ketukan tapping dalam minimal tiga kali kalimat set up. Seberapa keras ketukan dilakukan, adalah terserah anda. Bisa pelan, bisa keras. Yang jelas anda tidak sangat kesakitan dalam melakukannya. Kadang ada yang menyukai keras, ada yang menyukai pelan. Tadinya saya selalu melakukan ketukan dengan keras, tapi suatu hari ketika saya sangat migren, saya melakukan tapping dengan sangat lembut. Hasilnya, darah terasa mengalir lebih deras saat itu, dan migren hilang lebih cepat… It is up to you..

Titik-titik tapping yang digunakan adalah titik-titik acupunture yang biasa dilakukan. Saya tidak akan menjelaskan lebih jauh soal titik-titik akupunture ini, karena yang saya utamakan adalah bagaimana melakukan ketukan di titik-titik ini.

TITIK-TITIK UTAMA:

a. Crown Point/Baihui
Di atas kepala, bisa ditemukan dengan meletakkan dua jempol anda di telinga kiri kanan kemudian kelingking diletakkan di atas kepala. Di mana kelingking bertemu itulah Baihui.

b. Eye Brow Point/Cuanzhu
Di atas mata, ujung alis di atas hidung.

c. Side of Eye Point/Tongziliao
Samping mata, tulang keras yang bila diketuk akan terasa sakit. Dekat pelipis.

d. Under Eye Point/Chengi
Tulang keras di bawah mata tepat. Dekat samping hidung.

e. Under Nose Point/Shuigou
Cekungan di bawah hidung, di atas mulut.

f. Chin Point/Chengjiang
Dagu, tepatnya di bawah mulut, pas pada lekukan dalam di dagu.

g. Collar Bone Point/Qishe
Titik V di bawah leher, tempat pertemuan tulang dada. Ketuk menyamping mengikuti bentuk tulangnya.

h. Under Arm Point/Dabao
Di bawah ketiak, samping titik puncak payudara. Kalau untuk perempuan biasanya pas pada tali bra.

i. Below Nipple Point/Rugen
Segaris dengan titik puncak payudara, tepat di bawah payudara. Di tulang rusuk teratas yang paling ujung.

Titik-titik utama ini biasanya sudah cukup dalam melakukan SEFT secara singkat, short cut biasanya disebut. Tapi bila mengingkinkan lebih mantap, bisa ditambahkan titik-titik di bawah ini :

a. Inside Hands
Balikkan tangan anda dengan telapak tangan menghadap ke atas, di titik dimana terlihat nadi anda disitulah titik inside hands berada. Bila diketuk keras bisa terasa sakit dan merah.

b. Outside Hand Point
Baliklah tangan anda setelah melakukan titik Inside Hands, di baliknya tepat disitulah titik outside hand.

c. Fingers Point
Hadapkan telapak tangan anda ke arah anda, ketuklah titik samping kuku ibu jari bagian yang dekat anda. Dilanjutkan dengan keempat jari berikutnya, telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking, semuanya yang bagian dalam dekat anda. Bukan yang luar menghadap bawah.

d. Karate Chop/Houxi
Bagian telapak tangan samping bawah kelingking, yang kalau karate suka digunakan untuk memukul batu bata itu..

e. Yemen Point/Gamut Spot
Di telapak tangan atas/punggung tangan, ada cekungan antara garis tulang kelingking dan jari manis. Di situlah tempatnya untuk di ketuk.

Setelah selesai semua titik disebut dengan satu putaran. Bila dirasa masih kurang dan belum mantap, bisa diulang lagi. Bisa dilakukan untuk perawatan intensif dengan dilakukan setiap hari, tiga kali, tiap kali 1-2 putaran.

Setelah melakukan tapping, coba breath and exhale, sambil merasakan sakitnya. Buang rasa sakit itu lewat hembusan nafas, rasakan penyakit itu hilang.

Bila anda belum juga merasakan ikhlasnya, coba diulang lagi. Pertama-tama mungkin agak sulit, tapi lama-kelamaan anda akan merasa tenang dan damai di dalam hati, dekat dengan Tuhan.

Dengan SEFT ini, saya juga menyadari keagungan Allah menciptakan perintah untuk dzikir. Karena dengan repetisi, dengan pengulangan, maka kita akan merasakan sesuatu lebih kuat dan lebih dekat. Termasuk lebih ikhlas.

Cobalah. Just if you need any further question, ask me.


love,
wind

Share:

0 Comentarios